Cara Mengatasi Tangki Ikan Berawan

Masalah umum yang mengganggu bahkan peternak ikan yang paling berpengalaman adalah tangki ikan yang keruh dan bagaimana hal itu bisa terjadi. Memecahkan masalah tangki ikan yang keruh juga tidak sepenuhnya mudah karena tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda seperti apa yang menyebabkannya menjadi keruh serta apa warna air di dalam tangki ikan.

Apa yang akan kita lakukan dalam artikel ini adalah mempertimbangkan tangki ikan baru terlebih dahulu dan melanjutkan siklus hidup yang dilaluinya.

Saat pertama kali membuat akuarium baru, Anda mungkin langsung mendapatkan akuarium yang keruh. Saat tangki pertama kali dipasang, air mungkin langsung tampak keruh. Ini umumnya karena ada sedikit gelembung udara yang biasanya akan hilang dalam beberapa jam.

Akuarium baru tidak memiliki waktu untuk melalui siklus nitrogen dengan benar dan dengan demikian tidak siap untuk mengatasi limbah yang dihasilkan oleh kehidupan air di dalam tangki. Pada awalnya Anda akan melihat air tangki berubah menjadi putih susu yang merupakan indikasi bahwa bakteri sudah mulai berkembang biak. Bakteri ini berkembang biak dengan sangat cepat sehingga menyebabkan tangki ikan keruh. Dalam hal ini, Anda tidak perlu melakukan apa pun karena akan memudar karena siklus nitrogen stabil dan tidak membahayakan ikan. Penggantian air sebagian yang melibatkan kurang dari seperempat air tangki akan membantu mempercepat proses. Pastikan Anda tidak memberi makan ikan terlalu banyak atau Anda akan mendorong lebih banyak bakteri berkembang biak yang akan membuat air kembali keruh.

Tangki ikan keruh yang terlihat berwarna kecoklatan umumnya disebabkan oleh kontaminasi dari ornamen akuarium. Sebelum memasukkan apa pun ke dalam tangki, Anda perlu memastikan bahwa itu ramah untuk ikan Anda dan sudah dicuci bersih. Jangan pernah menggunakan deterjen untuk mencuci apa pun yang akan Anda masukkan ke dalam tangki. Ornamen tertentu terutama jika terbuat dari tanah liat dapat rusak jika direndam terlalu lama dalam air.

Kayu apung atau bogwood memang cenderung mengubah air menjadi cokelat. Hal ini disebabkan tanin yang terlepas ke dalam air saat pertama kali direndam. Pada akhirnya akan tenggelam ke dasar tangki dan dapat disedot, atau penggantian air sebagian juga dapat membantu. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk merendam kayu baru selama sehari atau secara terpisah sebelum menambahkannya ke dalam akuarium.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tangki ikan yang keruh.

Pertama, jangan memberi makan ikan secara berlebihan. Ikan Anda harus dapat mengkonsumsi semuanya dalam waktu kurang dari dua menit. Lebih lama dari ini dan kelebihan makanan akan tenggelam ke dasar dan mendorong pertumbuhan bakteri yang pada akhirnya akan memberi Anda tangki ikan yang keruh.

Kedua, vakum kerikil secara berkala. Untuk membantu Anda dengan tugas ini, Anda dapat memiliki pengumpan bawah di akuarium Anda untuk mengkonsumsi sisa makanan yang tenggelam ke dasar.

Ketiga, jangan terlalu banyak ikan di tangki Anda. Aturan lama yang bisa Anda ikuti adalah aturan inci ke galon. Satu inci ikan untuk satu galon air tangki. Waspada juga terhadap ikan yang berkembang biak terlalu cepat seperti Guppy. Ada juga ikan yang menghasilkan lebih banyak limbah daripada yang lain, ikan mas menjadi penyebab terbesar di sini.

Terakhir, jangan pernah melakukan penggantian air dalam jumlah besar. Ini mengganggu siklus nitrogen akuarium Anda. Selalu lakukan penggantian air sebagian, jangan pernah lebih dari seperempat air di dalam tangki.

Dalam kebanyakan kasus, tangki ikan yang keruh dapat dengan mudah diatasi dan dicegah dengan perawatan rutin yang baik. Beberapa hal semudah penggantian air mingguan bisa efektif untuk memecahkan tidak hanya tangki ikan yang keruh tetapi juga banyak masalah akuarium lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *