Covid-19: Hong Kong mengizinkan masuk bebas karantina hingga 2.000 pengunjung daratan dan Makau per hari

Pengunjung dari China daratan dan Makau dapat datang ke Hong Kong tanpa menjalani karantina wajib Covid-19 mulai Rabu depan. Pemerintah mengumumkan bahwa mereka akan mengalokasikan total 2.000 entri per hari.

Kepala Eksekutif Carrie Lam mengatakan pada konferensi pers mingguan hari Selasa bahwa pemerintah akan meluncurkan skema Come2hk Rabu depan. Rencananya akan menawarkan masuk bebas karantina untuk penduduk non-Hong Kong di daratan dan Makau.

Pihak berwenang akan mengizinkan hingga 1.000 pengunjung untuk melintasi perbatasan setiap hari di Pelabuhan Teluk Shenzhen dan Pelabuhan Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau, masing-masing. Lam mengatakan skema tersebut telah ditunda karena situasi pandemi yang “berfluktuasi” di Hong Kong dan di daratan. Tetapi kota itu telah mencapai “nol infeksi” baru-baru ini, katanya, tanpa catatan infeksi Covid-19 yang didapat secara lokal selama 21 hari terakhir.

Baca juga di berita hongkong untuk mendapatkan berita terpercaya lainnya sesuai dengan keinginan anda.

“Kami telah melewati masa inkubasi virus dengan aman dan dapat mengatakan bahwa kami telah mencapai nol infeksi,” kata Lam kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa pengunjung harus mendapatkan hasil tes asam nukleat RT-PCR negatif sebelum kunjungan mereka dan akan menjalani pengujian rutin pada kedatangan.

Warga Hongkong dapat kembali dari Rabu

Sementara itu, kepala eksekutif mengatakan pemerintah juga akan melanjutkan skema Return2hk pada hari Rabu, setelah ditangguhkan pada awal Agustus sehubungan dengan perkembangan Covid-19 di Cina daratan. Ini membebaskan penduduk Hong Kong di daratan dan Makau dari karantina wajib ketika mereka kembali ke kota, tetapi pengecualian tidak akan berlaku untuk mereka yang pernah ke tempat-tempat “berisiko”.

Lam mengatakan dimulainya kembali perjalanan bebas karantina dari daratan ke Hong Kong adalah “apa yang diharapkan masyarakat umum dan sektor bisnis.”

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.