Cara Mengubah Smartphone Anda Menjadi Webcam Nirkabel

Jika Anda bekerja dari rumah dan perlu berkomunikasi dengan tim Anda, sedikit obrolan video akan sangat membantu. Sementara sebagian besar laptop dilengkapi dengan webcam internal, desktop tidak, dan kamera laptop dapat rusak kapan saja.

Anda bisa pergi dan membeli webcam baru, tetapi jika Anda tidak ingin menghabiskan uang atau tidak membutuhkannya dalam jangka panjang, sedikit perangkat lunak gratis dapat membantu Anda. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat mengubah ponsel atau ponsel cerdas apa pun menjadi webcam untuk PC Anda.

Untuk Ponsel Android: DroidCam

Pengguna Android dapat mencoba aplikasi gratis bernama DroidCam untuk mengubahnya menjadi webcam. Versi gratisnya memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memulai, meskipun peningkatan $ 5,49 ke DroidCamX menambahkan video 720p/1080p dengan Mode HD, ditambah lagi menghilangkan iklan spanduk kecil. Jika Anda berencana untuk sering menggunakannya, ini adalah peningkatan yang layak, tetapi saya merasa pengalaman dengan versi gratisnya cukup solid.

Untuk memulai, Anda memerlukan dua perangkat lunak: aplikasi Android DroidCam  dari Play Store dan  klien Windows  dari Dev47Apps. Setelah keduanya diinstal, pastikan komputer dan ponsel Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama. Aplikasi Android DroidCam harus memiliki alamat IP yang terdaftar seperti 192.168.1.91 yang dapat Anda masukkan di aplikasi desktop untuk menghubungkan keduanya.

Pastikan untuk mencentang kotak Audio jika Anda tidak memiliki mikrofon di PC Anda. Klik tombol Start, dan Anda harus terhubung. Sebagian besar aplikasi obrolan video harus mengenali DroidCam sebagai webcam yang valid, meskipun Anda mungkin perlu memulai ulang jika dijalankan saat DroidCam diinstal. (Skype adalah pengecualian, yang bisa sedikit rewel, Anda mungkin perlu menggunakan versi lama non-Microsoft Store).

Dalam pengalaman saya, DroidCam bekerja dengan cukup baik. Teman-teman di ujung sana mengatakan kualitas video SD tampak baik-baik saja, tetapi mungkin ada sedikit penundaan. Beberapa mengalami masalah dengan audio yang berasal dari ponsel saya, jadi mikrofon komputer saya masih ideal, untuk informasi selengkapnya di wakdroid.

Anda dapat menyesuaikan beberapa hal dalam pengaturan, seperti kamera mana yang akan digunakan (depan atau belakang), mikrofon mana yang akan digunakan (kamera atau speakerphone), dan beberapa fitur hemat baterai, tetapi ketahuilah bahwa itu mungkin tidak akan seperti baik sebagai webcam tradisional.

Jika Anda lebih suka terhubung melalui USB daripada Wi-Fi, DroidCam juga dapat melakukannya, meskipun memerlukan sedikit penyelesaian lanjutan dengan beberapa driver khusus ponsel, Anda dapat merujuk ke petunjuk DroidCam di sini. Meskipun Anda tetap menggunakan Wi-Fi, Anda mungkin ingin mengisi daya ponsel saat melakukan obrolan video, karena baterai akan cepat habis.

Untuk Pengguna iPhone: EpocCam

Jika Anda memiliki iPhone, EpocCam adalah aplikasi yang saya rekomendasikan untuk mengubahnya menjadi webcam. Namun, versi gratisnya menyertakan iklan yang mengganggu dan sangat sedikit fitur, hampir memerlukan upgrade berbayar sebesar $7,99 . Dengan peningkatan, Anda mendapatkan dukungan mikrofon, video HD, koneksi USB, dan penyesuaian zoom/fokus.

Untuk menggunakan EpocCam, unduh aplikasi EpocCam ke iPhone Anda dan unduh driver untuk Windows atau macOS. Anda mungkin perlu me-restart komputer Anda setelah menginstal perangkat lunak desktop. Setelah Anda memulai ulang, Anda dapat meluncurkan aplikasi EpocCam Viewer di komputer Anda di samping aplikasi EpocCam di ponsel Anda untuk melihat apakah itu berfungsi.

Selama kedua perangkat berada di jaringan Wi-Fi yang sama, atau terhubung melalui USB, keduanya harus terhubung tanpa langkah tambahan apa pun. EpocCam akan muncul sebagai webcam untuk Zoom, Hangouts, atau aplikasi obrolan video lainnya yang mungkin Anda gunakan.

Dalam pengujian saya, ini berfungsi dengan baik seperti yang diharapkan, meskipun iklan layar penuh mengganggu dan tanda air pada video Anda, tetapi jika Anda tidak ingin meningkatkan, DroidCam mungkin menjadi pilihan yang lebih baik secara keseluruhan. Jarak tempuh Anda mungkin berbeda.

Solusi Alternatif

Jika aplikasi di atas tidak cukup memenuhi standar Anda, atau Anda lebih suka tidak menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, Anda dapat menggunakan ponsel tanpa PC. Sebagian besar aplikasi konferensi video, termasuk Zoom, Skype, Hangouts, dan lainnya memiliki aplikasi seluler yang dapat Anda gunakan untuk mengobrol langsung dari ponsel Anda. Anda tidak akan dapat melihat teman atau rekan kerja Anda dengan mudah di layar kecil, tetapi itu akan berhasil ketika Anda tidak membutuhkan PC. (Jika Anda memiliki iPad atau tablet Android dengan kamera menghadap ke depan, itu lebih baik.)

Jika Anda suka melihat orang di layar yang lebih besar, atau Anda perlu menggunakan berbagi layar dari komputer Anda, berikut adalah solusi yang bagus: sambungkan ke konferensi video menggunakan PC dan ponsel Anda (sekali lagi, menggunakan aplikasi seluler untuk Zoom, Skype, atau aplikasi apa pun yang dibutuhkan rekan Anda). Anda dapat menggunakan telepon untuk mengirimkan video Anda, tetapi gunakan PC untuk melihat dan mendengar orang lain. Selama Anda memiliki bandwidth yang cukup untuk menangani kedua obrolan sekaligus, itu akan bekerja dalam keadaan darurat.

Opsi mana pun yang Anda gunakan, pastikan Anda memiliki cara yang baik untuk mengangkat ponsel, sehingga Anda tidak perlu mengulurkan tangan selama satu jam. Saya menggunakan  Gorillapod fleksibel yang sudah saya miliki, tetapi hampir semua dudukan ponsel atau tablet akan berfungsi. Anda mungkin hanya perlu menyangganya di beberapa buku agar sejajar dengan mata agar tidak membuat orang lain melihat langsung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *