Tim Cook dilaporkan memiliki satu hal yang ingin dia lakukan sebelum meninggalkan Apple

Menurut penulis Bloomberg, Mark Gurman, CEO Apple Tim Cook mungkin akan bertahan di Apple setidaknya hingga tahun 2025. Eksekutif berusia 61 tahun itu pertama kali menggantikan Steve Jobs selama beberapa tahun mulai Januari 2009. Setelah Jobs kembali untuk waktu yang singkat, kesehatannya memburuk dengan cepat dan Cook mengambil alih untuk selamanya pada Agustus 2011. Gurman mencatat bahwa Cook, yang dijadwalkan menerima pembayaran saham Apple saat ini senilai $740 juta , seharusnya menerima satu juta saham Apple terakhir pada tahun 2025.

Gurman mengatakan bahwa pemikiran di dalam Apple adalah bahwa Cook ingin tetap menjadi CEO Apple untuk membantu memandu peluncuran satu lagi kategori produk baru. Produk ini diharapkan menjadi kacamata AR atau respons Apple yang terlambat terhadap Google Glass. Sementara perusahaan diperkirakan akan meluncurkan headset realitas campuran tahun depan (AR + VR), Apple Glass berbasis AR dapat siap dirilis sekitar tahun 2025 bertepatan dengan pembayaran terakhir saham Apple yang akan jatuh tempo kepada Cook.

CEO Apple Tim Cook akhirnya dapat bertahan di Apple hingga 2025

 

Akibatnya, Gurman melihat Cook menyerahkan kuncinya ke kamar kecil eksekutif di Apple (dengan toilet pintar 5G?) antara 2025 dan 2028. Ada banyak kritik di luar sana yang dengan cepat menjatuhkan Cook, tetapi bagaimana Anda mengikuti eksekutif yang dinamis? seperti Steve Jobs? Menurut pendapat penulis ini, Tim telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan sementara beberapa orang mengatakan bahwa Apple harus lebih inovatif, dia membuat pemegang saham senang karena saham Apple telah melonjak 1.100% sejak Cook mengambil alih kendali perusahaan, dan Apple sekarang dihargai di $2,46 triliun.

Dalam buletin mingguannya, Gurman membahas nama-nama kemungkinan pengganti Cook. Beberapa nama dalam daftar tersebut adalah karyawan yang mungkin Anda kenal hanya dengan menonton acara produk baru Apple. Nama-nama itu termasuk Craig Federighi, yang mungkin dianggap sebagai calon terdepan jika dia menginginkan pekerjaan itu. Anda mungkin ingat Craig dari demonstrasi Face ID yang gagal selama pembukaan iPhone X pada tahun 2017.

Nama-nama lain yang disebutkan termasuk kepala ritel Apple Deirdre O’Brien, wakil presiden senior Teknologi Perangkat Keras Apple Johny Srouji, veteran Apple 32 tahun Eddy Cue, dan Chief Operating Officer Jeff Williams. Jika Anda melihat suksesi berdasarkan gelar, Williams akan berada di urutan berikutnya untuk menggantikan Cook. Tetapi karena hanya tiga tahun lebih muda dari Cook, Apple mungkin akan beralih ke orang lain untuk menggantikan Cook.

Dari tahun 1983 hingga sekarang, Apple memiliki lima CEO. Bisakah Anda menyebutkan semuanya? Nah, pasti Anda tahu Steve Jobs dan Tim Cook. CEO ketiga adalah John Sculley. Jobs merayu Sculley dari Pepsico karena dia sangat mengagumi kampanye pemasaran Sculley yang disebut “The Pepsi Challenge” yang merupakan tembakan langsung ke saingan lama Pepsi, Coca-Cola. Kabarnya, Jobs berkata kepada Sculley, “Apakah Anda ingin menjual air gula selama sisa hidup Anda atau ikut dengan saya dan mengubah dunia?”

Kembalinya Steve Jobs memicu comeback yang luar biasa bagi Apple

Sculley mengambil pekerjaan Apple dan segera Jobs berharap dia tidak melakukannya. Pada tahun 1985, dengan penjualan Mac menurun, Sculley memecat Jobs dengan dukungan dari dewan Apple. Namun di bawah Sculley, Apple melewatkan tenggat waktu dan mengalami beberapa kegagalan produk. Sculley digantikan oleh Michael Spindler dan kemudian Gil Amelio, tetapi tidak ada yang berhasil dan Apple tinggal beberapa minggu lagi dari pengajuan Bab 11 ketika pembelian NeXT mengembalikan Steve Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama.

Jobs memperkenalkan serangkaian produk yang mengubah nasib Apple. Ada iMac all-in-one yang dirancang oleh Jony Ive. iPod diperkenalkan pada Oktober 2001 dan terjual 100 juta unit dalam enam tahun. Dua tahun kemudian iTunes diluncurkan, dan pada Januari 2007 Steve Jobs meluncurkan iPhone. App Store dibuka untuk bisnis pada tahun berikutnya, dan dua tahun kemudian, iPad menciptakan kategori baru.

Itu adalah perubahan yang cukup besar karena Apple semakin kuat. Dan ketika saatnya tiba bagi Tim Cook untuk mundur, siapa pun yang mendapatkan pekerjaan CEO akan memiliki sepatu besar untuk diisi.

Pantau terus swakarta.com untuk semua ulasan, dan penawaran serta berita teknologi informasi lainnya. [https://www.swakarta.com/]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *