YouTuber Mengonversi Game Boy Knock-Off Menjadi Tenaga Nuklir

Dia berhasil bermain Tetris selama satu jam dengan memanfaatkan energi radioaktif yang dibuang oleh peluruhan trititum.

Ketika Anda memikirkan energi nuklir, menara uap besar berbentuk jam pasir itu mungkin muncul di benak Anda. Tapi satu YouTuber kreatif telah berhasil melakukan skala yang jauh lebih kecil, namun tetap mengesankan, penggunaan tenaga nuklir: menjalankan Game Boy tiruan selama satu jam untuk bermain Tetris.

Ian Charnas, seorang YouTuber yang berfokus pada kreasi DIY seperti menyinkronkan bilah penghapus ke musik, memutuskan untuk mencoba dan memanfaatkan kekuatan peluruhan nuklir untuk memainkan video game. Anda dapat dan harus menonton seluruh videonya, yang disematkan di bawah, tetapi singkatnya ia menangkap energi cahaya yang dilepaskan oleh peluruhan alami tritium (isotop hidrogen) menggunakan panel surya mini, dan kemudian menyimpan energi itu dalam baterai khusus. Dari sana, baterai dibangun ke dalam papan khusus dan dihubungkan ke sistem permainan genggam berenergi rendah untuk memainkan Tetris.

Reaktor skala besar menggunakan reaksi berantai terkendali dari fisi uranium untuk menghasilkan panas dan memutar turbin untuk menghasilkan listrik. Ini, kurang lebih, adalah fenomena yang sama yang menggerakkan senjata nuklir dan sangat diatur oleh badan-badan energi atom internasional. Namun, banyak elemen lain juga mengalami peluruhan nuklir pada tingkat yang jauh lebih kecil (dan lebih aman), termasuk tritium, dan semua proses nuklir melepaskan energi baik sebagai cahaya maupun panas. Sementara reaktor besar menangkap panas, Charnas menangkap cahaya menggunakan sel fotovoltaik. Ini pada dasarnya adalah ide yang sama untuk menjalankan sistem permainan tenaga surya – matahari juga melepaskan energi melalui fisi nuklir dan peluruhan, untuk selengkapnya seputar gadget, dan komputer di Berita teknologi terbaru.

Sementara ciptaan Charnas sama sekali tidak praktis dari sudut pandang bisnis apa pun – mahal, berat, dan hampir tidak memiliki muatan apa pun – itu masih merupakan implementasi tenaga nuklir yang sangat mengesankan pada skala terkecil. Charnas juga mengundi handheld bertenaga nuklir, dengan semua hasil akan disumbangkan untuk amal membantu mendukung anak-anak yang tinggal di dekat zona yang terkena bencana reaktor nuklir Chernobyl.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *