Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Membandingkan Gaya Alat Bantu Dengar

Saat Anda menemui audiolog untuk konsultasi alat bantu dengar, dia kemungkinan besar akan menunjukkan kepada Anda jenis alat bantu dengar apa yang tersedia, dan kemudian mempersempit pilihan menjadi apa yang paling sesuai untuk gangguan pendengaran dan preferensi kosmetik Anda. Tapi apa yang membuat satu gaya lebih cocok dari yang lain? Dan apa pro dan kontra dari masing-masing gaya?

Mari kita mulai dengan “BTE” ukuran penuh, yang berarti “di belakang telinga”. Ini terdiri dari bagian yang berisi semua komponen elektronik dari alat bantu dengar yang ditempatkan dalam wadah yang kemudian dilampirkan ke “earmold” yang dibuat khusus melalui pipa. Earmold berada di concha atau “mangkuk” telinga luar dan pipa menghubungkan earmold ke alat bantu dengar. Dengan gaya ini, tidak ada komponen elektronik di saluran telinga, hanya “pipa” yang akan membawa suara yang diperkuat ke telinga. Keuntungan dari gaya BTE banyak. Pertama, tanpa komponen elektronik di saluran telinga, kotoran telinga jarang menimbulkan masalah. Tabung dan earmold dapat dilepas dari alat bantu dengar untuk dibersihkan atau diganti. Kedua, jika pasien mengalami gangguan pendengaran yang parah hingga sangat berat, BTE dapat memberikan peningkatan keseluruhan (kenyaringan) dengan lebih sedikit bahaya umpan balik (suara siulan terdengar saat suara didaur ulang melalui amplifier). Lebih banyak fitur, seperti tombol pengubah program dan roda kontrol volume, biasanya menjadi standar dengan gaya ini. Terakhir, memiliki ruang untuk baterai yang lebih besar akan menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama dan penggantian baterai yang lebih jarang. Meski dengan semua kelebihan tersebut, banyak orang yang tidak rela memilih gaya ini karena masalah kosmetik. Anak-anak yang sedang tumbuh yang memakai alat bantu dengar hampir selalu memiliki gaya ini karena earmold dapat diganti ketika telinga tumbuh, dan alat bantu dengar yang sama sekali baru tidak diperlukan.

Untuk melanjutkan kronologis dengan tahun perkembangan, berikutnya adalah alat bantu dengar gaya “ITE” atau “di telinga”. Gaya ini dibuat khusus dari cetakan telinga silikon yang diambil oleh audiolog. Semua komponen yang terkandung dalam cangkang yang duduk di mangkuk telinga luar dan saluran telinga. Ini bisa dibuat sangat kecil. Sebenarnya ada istilah berbeda untuk menggambarkan versi yang lebih kecil dari gaya ini: “HS” (atau “setengah cangkang”), “ITC” (atau “di dalam kanal”), dan “CIC” (atau “sepenuhnya di -kanal”). Salah satu keuntungan gaya ini, terutama versi yang lebih kecil, adalah kosmetik. Kadang-kadang juga dapat lebih mudah dimanipulasi oleh seseorang dengan penglihatan yang buruk dan/atau ketangkasan jari yang buruk. Gaya ini juga memanfaatkan efek arah alami dari telinga luar yang “menyalurkan” suara ke saluran telinga. Salah satu kelemahan gaya ini adalah kecenderungannya tersumbat oleh kotoran telinga. Gaya ini lebih sering dikirim untuk diperbaiki karena alasan ini. Juga, untuk pasien dengan gangguan pendengaran ringan pada frekuensi rendah, gaya ini dapat menyebabkan apa yang disebut “efek oklusi”. Telinga akan terasa tersumbat, dan suara pasien sendiri akan tampak “terjebak” di kepala. Ini akan terdengar seperti mereka “berbicara dalam tong.”

Jenis lain dari gaya di belakang telinga adalah alat bantu dengar “open fit”. Ini pada dasarnya adalah versi yang lebih kecil dari BTE ukuran penuh asli, tetapi dengan tabung yang lebih tipis dan tidak terlalu mencolok dan kubah kecil yang tidak tertutup. Gaya ini populer untuk digunakan dengan gangguan pendengaran frekuensi tinggi saja karena membuat saluran telinga sebagian besar terbuka untuk mengumpulkan suara frekuensi rendah secara alami. Gaya ini tidak sesuai untuk gangguan pendengaran yang lebih besar dari ringan sampai sedang, karena amplifikasi yang dibutuhkan akan menyebabkan umpan balik.

Jenis gaya di belakang telinga yang lebih baru adalah “RIC” (atau “receiver-in-canal”) yang juga dikenal sebagai “RITE” (atau “receiver-in-the-ear”). Gaya ini telah menjadi gaya alat bantu dengar yang paling populer belakangan ini. Ini memiliki beberapa keuntungan dari BTE ukuran penuh, dengan manfaat tambahan menjadi lebih kecil dan tidak terlalu mencolok. Salah satu keuntungan utama dari RIC adalah pemisahan mikrofon dan penerima. Penerima adalah “speaker”, di mana suara keluar setelah diperkuat, dan berada di saluran telinga. Apa yang tampak seperti tabung yang menghubungkan bagian di belakang telinga ke bagian di dalam telinga sebenarnya adalah kabel tertutup. Dengan memisahkan mikrofon dan penerima, kontrol umpan balik yang baik tercapai. RIC juga biasanya memiliki amplifikasi yang lebih baik pada frekuensi yang lebih tinggi, di mana gangguan pendengaran yang lebih besar biasanya terjadi. Gaya ini paling sering cocok dengan “kubah” lunak yang tidak tertutup yang tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk standar. Adaptor earmold khusus juga dapat disesuaikan dengan gaya ini jika diperlukan atau diinginkan. Ini biasanya dilakukan dalam kasus di mana penerima tidak akan tetap aman di telinga menggunakan kubah standar.

Beberapa perusahaan menjual alat bantu dengar CIC yang tahan lama (24 jam) dan sekali pakai. Gaya ini dibeli seperti langganan. Ini duduk sangat dalam di saluran telinga, dan audiolog mengganti setiap unit biasanya setiap 3-4 bulan ketika baterai mati. Kebanyakan pasien adalah
bukan kandidat untuk gaya ini karena kriteria kelayakan yang ketat. Dengan ini, kepala tidak boleh terendam air, dan pasien tidak dapat berpartisipasi dalam aktivitas perubahan elevasi dinamis seperti terjun payung.

Alat bantu dengar yang ditanam secara bedah berada di luar cakupan artikel ini. Implan telinga tengah, penguat berlabuh tulang, dan implan koklea adalah pilihan untuk populasi yang sangat spesifik, dan pasien perlu menjalani evaluasi medis untuk menentukan apakah mereka adalah kandidat untuk salah satu dari ini.

Mengalami gangguan pendengaran bukanlah akhir dari segalanya. Ada banyak jenis ganggguan pendengaran. Alat bantu dengar dapat digunakan untuk memudahkan komunikasi dan tetap dapat berinteraksi dengan sekitar. Banyak pusat alat bantu dengar yang jual alat bantu pendengaran. Seperti namanya, berbagai jenis alat bantu dengar berperan membantu penggunanya untuk mendengar dengan memperkuat bunyi di sekitar. Alat bantu dengar aqm hearing center membantu penggunanya lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *