Bagaimana Internet of Thing Memfasilitasi Layanan Kesehatan

Setelah adanya Covid-19, fasilitas perawatan kesehatan publik mulai mengalami banyak perubahan. Semua tekanan dan harapan yang tinggi dari masyarakat menciptakan tuntutan baru agar mereka selalu ada setiap saat.

Baik perawatan kesehatan di rumah sakit dan perawatan kesehatan jarak jauh dengan sistem online yang bisa disebut juga dengan telemedicine menghadapi peningkatan drastis.

IoT atau Internet of Things jelas merupakan masa depan perawatan kesehatan, jika premis ingin tetap relevan dengan masa depan industri ini.

Baik pasien maupun tenaga kesehatan juga mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini. Semua penggunaan-perangkat ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.

Dari perangkat yang dapat dipakai untuk melacak tanda-tanda vital pasien di luar klinik atau alat pacu jantung yang ditanamkan, sistem neurostimulator implant, monitor glukosa – teknologi ada di sini untuk memberikan hasil yang maksimal.

Salah satu contohnya adalah melalui penerapan electronic health record (EHR). Dengan EHR, tidak hanya mengurangi risiko kesalahan manusia, pasien juga akan menikmati waktu tunggu yang lebih efisien, diagnosis yang akurat, dan tidak ada lagi antrian di apoteker.

Mereka pada dasarnya merasa tidak nyaman menghabiskan banyak waktu di rumah sakit atau klinik setelah pandemi, sehingga melalui layanan yang lebih efisien yang disediakan oleh IoT, mereka akan keluar dari tempat Anda dengan perasaan tenang dan puas.

Di sisi manajemen, backend EHR menyediakan visualisasi data yang nyaman dari kinerja klinik/rumah sakit, untuk memberikan wawasan sebelum mengambil keputusan strategis. Bagi tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter, platform EHR juga membuat mereka lebih efektif dalam bekerja dan dapat menyelamatkan mereka dari kelelahan.

Bagaimana dengan aspek keamanannya? Memanfaatkan IoT dalam bisnis medis Anda tidak berarti mengekspos pasien terhadap kebocoran data, karena penyedia layanan profesional akan memberikan Anda perlindungan maksimal dalam hal keamanan data, sementara pada saat yang sama, mengurangi Anda dari risiko kehilangan catatan kesehatan.

Di sisi lain, kita tidak boleh melupakan layanan telemedicine yang telah membuat pemberian perawatan lebih dinamis dan berpusat pada pasien. Praktik telemedicine yang paham teknologi akan memberikan hasil yang memuaskan, di mana pasien menikmati lebih sedikit kunjungan yang tidak perlu ke rumah sakit dan diagnosis yang lebih baik untuk pengobatan dan pencegahan, berkat pengumpulan dan pengolahan data yang efisien. Terlepas dari lokasi atau kondisi pasien, Anda selalu dapat hadir untuk melayani mereka dengan keputusan medis terbaik.

Selama usia langkah-langkah jarak sosial dan perasaan terus-menerus waspada, merek layanan profesional Anda dapat tetap hadir dan terhubung dengan klien setia Anda melalui IoT. Dengan begitu, mereka akan selalu mengingat merek Anda sebagai merek yang dapat diandalkan selama masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini – dan mereka akan semakin mempercayai Anda di masa depan. Inilah yang membedakan satu bisnis kesehatan dengan bisnis lainnya.

Jadi, apakah tempat perawatan kesehatan Anda siap untuk mengembangkan bisnis Anda ke masa depan? Jangan lupa untuk memasukkan teknologi sebagai kunci dalam keputusan strategis Anda.

Anda bisa mempercayakan layanan teknologi informasi modern melalui MyCarrier Telkom yang menyediakan berbagai macam layanan jaringan internet, cloud, data center, managed service, hingga implementasi big data dalam setiap industri bisnis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *