Tips Memilih Hosting No.1 Di Indonesia Yang Tepat Untuk Website Anda

Tips Memilih Hosting No.1 Di Indonesia Indonesia Yang Tepat Untuk Website Anda

Memilih hosting merupakan salah satu tahapan yang perlu Anda lalui disaat bakal membuat website. Bagi lebih dari satu orang tahapan selanjutnya memadai membingungkan gara-gara banyak sekali penyedia layanan hosting yang ada.

Harus diakui bahwa pilih hosting yang pas itu tidak mudah. Anda perlu jeli didalam pilih pilihan. Mengapa demikian? Karena tiap tiap penyedia layanan hosting umumnya sedia kan pilihan paket hosting yang banyak ragam dan fasilitasnya pun hampir mirip antara paket satu dengan yang lainnya.

Ada 7 faktor yang perlu Anda pertimbangkan disaat pilih hosting untuk web site Anda, yaitu sebagai berikut:

Tipe Website
Tipe Hosting
Jumlah Website
Trafik Website
Spesifikasi Server
Ketersediaan Anggaran
Customer Support
Ingin tahu detailnya seperti apa?

Nah, sehingga lebih tahu di bawah ini aku bakal membahas secara lebih detil 7 faktor yang jadi pertimbangan didalam pilih hosting untuk web site Anda tersebut.

Tipe Website Hosting Indonesia
tipe website
Faktor pertama yang perlu Anda pertimbangkan yaitu type web site apa yang bakal Anda buat. Apakah Anda bakal membuat web site dinamis atau statis? Apakah Anda bakal membuat web site dengan CMS seperti WordPress atau memadai dengan HTML saja?

Website dengan type statis tidak butuh sumber kekuatan server yang besar dan umumnya termasuk tidak butuh database. Oleh gara-gara itu kalau Anda bakal membuat web site dengan type selanjutnya maka Anda tidak perlu pilih hosting yang mahal. Pilih saja paket yang murah, yang paling utama adalah hosting selanjutnya sedia kan pertolongan untuk HTML/CSS.

Lain halnya kalau Anda bakal membuat web site dinamis dengan CMS seperti WordPress, Joomla atau Drupal. Anda perlu pilih hosting yang menunjang bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Selain itu pastikan termasuk kapasitas penyimpanan (disk space) yang disajikan memadai untuk menyimpan file-file yang diperlukan.

Khusus untuk WordPress, Joomla atau Drupal usahakan untuk pilih hosting dengan kapasitas penyimpanan di atas 500 MB. Mengapa demikian? Karena tak sekedar untuk menyimpan file-file CMS itu sendiri, Anda termasuk butuh area untuk menyimpan gambar atau foto yang bakal digunakan di website. Semakin banyak gambar yang dipakai di web site maka makin lama besar pula kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan.

Tipe Hosting
shared hosting
Anda perlu tahu bahwa banyak sekali type hosting sementara ini. Setidaknya ada 6 type hosting yang memadai populer, yaitu shared hosting, WordPress hosting, VPS hosting, dedicated hosting, cloud hosting dan reseller hosting.

Tipe hosting apa yang perlu dipilih?

Jawabannya terkait dari seberapa kompleks web site yang Anda buat dan seberapa besar trafik web site tersebut.

Kalau Anda cuma bakal membuat web site yang simple seperti blog privat maka hosting dengan type shared saja udah cukup. Namun jikalau Anda bakal membuat web site dengan fitur memadai rumit dan melayani pengunjung yang banyak jikalau seperti web site marketplace maka Anda perlu pertimbangkan hosting dengan type VPS atau dedicated.

Jumlah Website
desain website
Photo by WorldSkills UK licensed under Creative Commons Attribution 2.0 Generic
Berapa kira-kira kuantitas web site yang bakal Anda buat? Kalau Anda membawa rencana untuk membuat web site lebih dari satu maka sebaiknya Anda pilih hosting yang sedia kan layanan Addon Domain. Dengan addon domain, Anda dapat membuat banyak web site dengan nama domain yang berbeda terhadap satu account hosting.

Tanpa addon domain, satu account hosting cuma dapat digunakan untuk satu web site saja. Kalau nantinya Anda mendambakan membuat web site baru, berkenan nggak berkenan Anda perlu menyewa paket hosting lagi untuk web site tersebut. Itulah keistimewaan paket hosting dengan layanan Addon Domain.

Trafik Website
trafik website
Photo by Perzonseo Webbyra licensed under Creative Commons Attribution 2.0 Generic
Berapa kira-kira trafik web site yang Anda berharap tiap tiap bulannya? Kalau Anda orang yang terkenal, public figure misalnya, maka Anda butuh paket hosting dengan bandwidth yang besar. Mengapa demikian? Karena bakal banyak penggemar Anda yang bakal berkunjung ke web site Anda tersebut. Kalau bandwidth yang ada tidak memenuhi maka web site Anda bakal cepat down dan kesusahan diakses.

Apakah Anda perlu pilih paket hosting yang sedia kan bandwidth paling besar?

Tentu saja tidak seperti itu caranya. Yang Anda butuhkan adalah paket hosting yang dapat di-upgrade kalau suatu sementara kapasitas bandwidth yang ada tidak mencukupi. Dalam hal ini Anda perlu realistis. Kalau Anda pilih paket hosting dengan kapasitas bandwidth yang paling besar di awal maka biayanya bakal sangat besar pula padahal trafik web site meningkat secara bertahap, tidak serta-merta besar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.